Yoga Untuk Ibu hamil
26 September 2016
Yoga Untuk Ibu hamil

Pristiners, proses kehamilan dan menanti kelahiran buah hati menjadi momen yang sangat membahagiakan. Apalagi jika yang di dalam kandungan merupakan anak pertama yang telah lama dinanti. Namun, tahukah Pristiners? Saat hamil banyak sekali keluhan yang dirasakan. Seperti otot kaku, rasa tegang dan pegal-pegal seringkali muncul. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa melakukan relaksasi melalui Yoga dan berfokus pada keseimbangan antara pikiran, tubuh serta pernapasan. Keseimbangan ini diciptakan melalui latihan fisik dan postur (asana), latihan pernapasan (pranayama), relaksasi dan meditasi. Ada berbagai jenis yoga untuk memenuhi kebugaran tubuh, termasuk yoga untuk kehamilan dengan memodifikasi gerakannya agar dapat membantu agar tetap fit, kuat dan lentur.

Pada saat melakukan Yoga, instruktur memiliki peranan penting untuk memodifikasi gerakan sehingga sesuai dengan tahap kehamilan. Gerakan utama dirancang khusus untuk meregangkan otot. Ketika merasa sakit dan tidak nyaman, ada baiknya untuk berhenti dan tidak memaksakan untuk melakukan sebuah asana.Selain itu, upayakan untuk minum air alkali agar tidak terjadi dehidrasi. Serta konsumsi makanan ringan satu atau dua jam sebelum kelas senam yoga dimulai, agar tidak terjadi penurunan kadar glukosa yang membuat pusing.

Pre-natal yoga merupakan yoga yangpaling cocok bagi ibu hamil dan dirancang khusus untuk melatih otot rahim dan panggul, agar menjadi lebih kuat dan elastis. Sirkulasi darah di sekitar daerah panggul juga lebih lancar, sehingga memudahkan melakukan persalinan secara normal. Selain itu, dengan latihan pernapasan selama yoga, kamu akan terbiasa melakukan napas pendek-cepat, serta panjang-dalam. Latihan napas panjang-dalam bisa menenangkan calon ibu melalui rasa sakit dalam proses persalinan, serta memicu sistem saraf yang memperlancar pembukaan dan peregangan dinding vagina. Sehingga pada saat proses melahirkan akan mengurangi rasa nyeri tanpa bergantung pada pembiusan medis.

Jika Pristinerssebelumnya tidak pernah melakukannya yoga, maka waktu terbaik saat kehamilan adalah trimester kedua atau ketika kamu memasuki minggu ke 14. Karena kondisi janin dalam kandungan masih rentan terjadinya keguguran, biasanya beberapa insruktur yoga merekomendasikan untuk tidak berlatih yoga di trimester pertama.Pastikan cukup usia kandungan dan konsultasikan kepada dokter, agar proses kehamilan aman.

X