Tidur Lelap Dengan Yoga
29 July 2016
Tidur Lelap Dengan Yoga

Kurang tidur bisa berdampak besar bagi kesehatan maupun bagi penampilan. Salah satunya seperti lesu, tak bertenaga, dan membuat wajah lebih cepat tua. Setiap hari setidaknya dibutuhkan tidur selama enam sampai delapan jam, agar kamu bisa kembali segar dalam beraktifitas besok. Bagaimana caranya agar bisa tidur optimal, tanpa harus dibantu obat tidur? Yuk, coba berbagai gerakan yoga yang sederhana namun efektif ini.

1.       Half Pigeon Pose (Ardha Kapotasana)

Dengan melakukan pose ini selama 3 menit, selain dapat membantu kamu untuk tidur lebih lelap, juga bisa mengurangi dan bahkan menghilangkan rasa nyeri atau kram panggul dan punggung bila dilakukan secara rutin.

2.       Viparita Karani

Duduklah di lantai dengan satu sisi tubuh menempel ke tembok. Naikkan kaki sehingga menempel ke tembok, lalu perlahan turunkan kepala serta punggung ke lantai sehingga pantat menempel di tembok, sambil menjaga agar kaki tetap lurus di tembok. Letakkan tangan dengan santai di sisi-sisi tubuh, telapak tangan menghadap ke atas. Rileks dan bernapaslah dalam-dalam, tahan selama 1 hingga 5 menit.

3.       Balasana

Berlutut di atas matras, lalu duduk dengan kaki terlipat di bawah tubuh, lutut melebar dan kedua jempol kaki bersentuhan. Kemudian, turunkan tubuh bagian atas ke atas lutut yang terbuka hingga kening menyentuh matras, dan luruskan kedua lengan ke depan (atas kepala). Bernapaslah dalam-dalam, tahan posisi ini selama 1 menit. Gerakan yoga ini termasuk yang sangat direkomendasikan untuk relaksasi.

Jika masih butuh usaha ekstra untuk bisa tidur nyenyak selain melakukan gerakan yoga, cobalah minum air alkali sebelum tidur yang membantu untuk mengurangi dehidrasi saat 8 jam beristirahat.

 

 

X