Prenatal yoga, Solusi Tetap Sehat Selama Masa Kehamilan
05 December 2016
Prenatal yoga, Solusi Tetap Sehat Selama Masa Kehamilan

Pristiners, pernah mendengar prenatal yoga? Prenatal yoga merupakan yoga yang dikhususkan untuk ibu hamil. Pada prenatal yoga ini, tentunya gerakannya lebih sederhana karena menyesuaikan dengan kondisi tubuh ibu yang sedang hamil. Sama seperti yoga pada umumnya, prenatal yoga juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Selain melatih pernapasan sebagai persiapan menjelang kelahiran sang buah hati, prenatal yoga juga membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi rasa pegal yang biasa dialami ibu hamil. Berikut ini adalah beragam manfaat lain dari prenatal yoga:

  1. Membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan mengurangi sakit pinggang

Pertumbuhan bayi dalam Rahim sering menyebabkan sakit pinggang pada ibu hamil. Prenatal yoga dapat membantu memperlancar sirkulasi tubuh, menjaga keseimbangan tubuh dan membantu merenggangkan otot pinggang.

  1. Melatih tubuh untuk persiapan melahirkan

Beberapa gerakan dalam prenatal yoga bertujuan untuk melatih otot-otot pinggul menjadi lebih lentur dan fleksibel untuk proses melahirkan. Gerakan-gerakan ini dapat membantu ibu hamil yang menginginkan proses persalinan secara normal. Tak hanya latihan fisik, pada prenatal yoga juga terdapat penggabungan persiapan mental seperti mengatur napas untuk mengontrol rasa sakit saat proses persalinan.

  1. Membantu relaksasi agar lebih mudah beristrahat

Memasuki trimester ketiga masa kehamilan, banyak ibu hamil yang mengalami sulit tidur atau insomnia. Berlatih prenatal yoga secara rutin dapat membantu ibu hamil agar lebih mudah beristirahat. Dengan mempraktikkan gerakan yoga savasana sembari mendengarkan musik yang tenang dapat membantu lebih mudah untuk tidur.

  1. Menjalin ikatan mandalam pada bayi

Saat berlatih prenatal yoga, banyak gerakannya yang dapat membuat bayi dalam kandungan merasa nyaman. Seringkali instruktur juga mengajarkan teknik untuk berkomunikasi dengan bayi seperti, mengusap perut sebelum memulai yoga.

  1. Dapat bersosialisasi dengan ibu hamil lainnya

Dengan mengikuti kelas prenatal yoga, ibu hamil juga bisa bertemu dengan ibu hamil lainnya dan bertukar informasi seputar kehamilan. Hal ini tentunya dapat membuat ibu hamil lebih tenang dan bersemangat dalamĀ  menjalani masa kehamilan.

X