Penyebab Pusing Setelah Yoga
21 August 2016
Penyebab Pusing Setelah Yoga

Yoga bertujuan untuk memperbaiki metabolisme agar tubuh selalu sehat untuk beraktifitas. Tapi apa jadinya jika setelah melakukan Yoga, kamu justru merasa pusing dan mual? Coba kenali masalah ini dan atasi, yuk, Pristiners!

1.       Salah Teknik Bernafas

Beberapa Yogi/Yogini melakukan kesalahan dalam teknik pernafasan, tanpa disadari menahan napas saat melakukan Yoga. Alhasil, Pristiners akan merasakan pusing dan mual karena asupan oksigen ke otak dan jantung kurang. Bagi Pristiners yang baru melakukan yoga, jika cara bernapasnya belum terlalu dalam, disarankan mengikuti gerakan yoga hingga benar-benar terbiasa terlebih dahulu. Kemudian, kalau sudah bisa baru diselaraskan dengan napas.

2.       Memiliki tekanan darah tinggi atau rendah

Kondisi ini membuat kita tidak terlalu siap untuk mengikuti kelas yoga yang terlalu dinamis. Jadi, ikutilah kelas yang flow-nya lebih perlahan dan gentle, agar bisa beradaptasi dengan segala teknik yang dilakukan.

3.       Yoga Setelah Makan

Setelah makan, ada baiknya memberi jeda waktu sekitar 2-3 jam untuk melakukan Yoga. Karena, biasanya setelah makan oksigen pada tubuh akan diarahkan ke pencernaan. Sehingga asupan ke otak menjadi berkurang dan menyebabkan ngantuk. Lambung yang terisi makanan akan kontraksi dengan gerakan yoga dan membuat mual.

4.       Kurang relax

Banyak pikiran saat melakukan Yoga, bisa membuat kita kehilangan konsentrasi.  Hal tersebut akan membuat pikiran tidak seimbang dan berdampak ke sakit kepala. Coba untuk rileks. Buang jauh pikiran tentang permasalahan yang kamu hadapi, dan fokus untuk menikmati setiap hela nafas serta tubuh ketika melakuka asana.

5.       Kurangnya Ventilasi

Kondisi kelas yang terlalu penuh, juga mempengaruhi, lho. Kondisi seperti ini akan membuat saling berebut ruangan di ruangan. Jadi, ada baiknya untuk berada di kelas yang tidak terlalu padat, atau mungkin kamu bisa coba Yoga di luar ruangan.

 

X