Manfaat Yoga Bagi Jiwa
13 August 2016
Manfaat Yoga Bagi Jiwa

Yoga berasal dari bahasa Sansekerta "yuj" artinya menghubungkan atau menyatukan. Secara horisontal, berarti menyatukan tubuh-pikiran-jiwa dalam keselarasan yang alami. Dalam arti vertikal, berarti menyatukan kesadaran diri kita dengan Tuhan. Di mana manfaat yoga tidak hanya membantu tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Tapi, juga dapat membantu Pristiners dalam mempengaruhi psikologi kamu seperti mengendalikan stres dan mengurangi rasa mudah gelisah.

Yoga memberikan dua disiplin praktik, yakni gerak dan diam. Disiplin gerak bermanfaat menguatkan fisik, menghilangkan kekakuan sendi dan otot, serta mengontrol kesehatan saraf dan kelenjar tubuh. Disiplin gerak ini banyak membantu keseimbangan energi dan kenyamanan tubuh untuk kehidupan sehari-hari. Bahkan penting untuk peremajaan sel-sel tubuh. Tak jarang praktisi yoga tampak lebih muda dari usia sesungguhan. Dalam disiplin diam, yoga memberikan rileksasi, ketenangan, kejernihan pikiran, keceriaan, rasa percaya diri, dan berkembangnya intuisi. Semuanya dapat diraih melalui yoga yang dilakukan dengan mengatur napas dan sikap sempurna.

Tujuan utama berlatih seorang pemula dalam Yoga adalah tubuh yang sehat. Padahal, tujuan Yoga sedari dahulu adalah ketenangan dan bahagia. Kebahagiaan tertinggi yang hendak diraih adalah penyatuan dengan Tuhan. Jadi, yoga merupakan latihan fisik yang penuh dengan nuansa spiritual. Tujuan ini lebih dari sekadar tubuh yang sehat, karena kesehatan juga merupakan pilar dari kebahagiaan tersebut.

Sebelum Pristiners melakukan yoga, sebaiknya lakukan pemanasan (vyayam) untuk menghindari kram. Lakukan gerakan yoga secara lambat, hati-hati, dan tidak perlu dipaksakan jika melakukan sebuah pose yang dianggap sulit. Matikan gadget kamu, tidak berisik, bercanda apalagi hingga tertawa selama berlatih yoga. Karena jika dilakukan, akan merusak konsentrasi, ketenangan, bahkan bisa menyebabkan kram pada bagian perut. Ada metode pernapasan yang disarankan dalam melakukan Yoga dapat mendapatkan hasil yang baik. Gunakan hidung. Yoga tidak menyarankan bernapas melalui mulut, kecuali pada kondisi tertentu atau melakukan praktik tertentu. Bernapas hingga rongga perut dipenuhi udara. Perut mengembang ketika menarik napas, dan mengempis saat napas keluar. Pernapasan perut merupakan pernapasan paling alami.Dalam yogasana, menarik napas biasanya bersamaan dengan kepala dan badan tengadah, atau gerakan mengangkat tangan. Mengembuskan napas mengiringi tangan turun.Setelah melakukan yoga, ada baiknya lakukan pemijatan ringan. Lanjutkan dengan rileksasi selama 5-10 menit, sampai suhu tubuh normal kembali.

Dengan berbagai manfaat jasmani dan rohani yang bisa kamu dapatkan melalui Yoga, maka tidak ragu lagi untuk dijadikan rutinitas setiap hari sebelum beraktifitas. 

X