Hilangkan Nyeri Haid Dengan Yoga
12 June 2016
Hilangkan Nyeri Haid Dengan Yoga

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 5000 tahun silam, yoga bertujuan untuk menyatukan manusia dengan alam hingga harmonis. Meskipun gerakannya yang terlihat tak butuh banyak tenaga namun mampu menguras banyak kalori dan keringat, ternyata diketahui yoga juga mampu menyembuhkan berbagai gangguan fisik. Termasuk melatih fleksibilitas tubuh, serta menghilangkan nyeri haid. Apa saja macam gerakannya?

1.       Pasasana

Pose ini dilakukan dengan cara, tubuh bagian bawah dalam posisi jongkok sementara tubuh bagian atas diputar dan tangan ke belakang. Gerakan ini bantu melebarkan rongga dada, perbaiki postur tubuh dan menstimulasi organ-organ pada rongga, termasuk rahim. Dalam yoga gerakan pasasana biasa dilakukan setelah berada pada posisi duduk untuk waktu yang lama. Agar manfaat gerakan ini terasa  saat haid, coba jongkok dengan menjinjitkan kaki dan menarik bahu ke belakang. Tahan pose ini untuk 30 detik. Ulangi dengan badan menghadap ke sisi berlawanan.

2.       Matsyasana

Pose yang terlihat seperti ikan, selain bisa untuk menghilangkan nyeri haid juga mampu meregangkan otot antara tulang rusuk untuk membuatnya lebih fungsional. Jika ingin mencoba pose ini, bisa dengan peregangan kaki kemudian berbaring di punggung, lalu lutut ditekuk. Lakukan selama 15 – 30 detik untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3.       Balasana

Dengan posisi berlutut dengan meletakkan bokong di atas tumit dan punggung tegak lurus. Tarik napas yang dalam dengan mengangkat ke dua lengan ke atas kemudian hembuskan napas disertai merendahkan badan ke depan hingga kedua telapak tangan menyentuh matras dan dada menekan paha. Saat badan diturunkan, bokong tidak terangkat dan tetap di atas tumit. Dalam posisi ini tarik napas dalam dan hembuskan napas secara perlahan. Nikmati aliran darah yangmengalir ke kepala sehingga pikiran lebih tenang dan istirahatkan tubuh. Posisi ini juga dapat memijat organ bagian dalam.

Masih banyak gerakan Yoga lainnya yang bermanfaat untuk menghilangkan nyeri haid. Jika pose di atas bisa membantu meredakan nyeri haid, sebaliknya, ada juga gerakan yang sebaiknya tak dilakukan saat sedang haid.  Yaitu, hindari melakukan pose yang mengharuskan mengangkat kaki.

X