Atasi Masalah Bungkuk pada Tulang Belakang
01 June 2016
Atasi Masalah Bungkuk pada Tulang Belakang

Dari sebuah kebiasaan, duduk dengan posisi tidak tegak atau terlalu sering membawa beban terlalu berat akan membuat kamu Kyphosis, atau yang sering disebut dengan kondisi tulang belakang yang melengkung. Apabila hal ini dibiarkan terlalu lama, maka posisi badan akan makin bungkuk dan memberikan masalah tulang belakang. Tubuh bungkuk akan memberikan tekanan pada beberapa bagian otot belakang, yaitu pada pundak dan otot-otot disekitar leher dan punggung belakang, yang pada akhirnya akan terasa sakit. Jika ingin diperbaiki, Pristiners bisa coba beberapa gerakan yoga sederhana yang dapat membantu untuk membuka pundak (shoulder opening), sehingga menjaga badan tetap tegak dan tegap kembali.

Gomukahasana (Cow Pose), dapat membuka area dada dan bahu yang menyempit akibat bungkuk dalam periode waktu yang lama. Bila kesadaran menjaga postur agar tetap tegak masih lemah, berikan penahan pada bagian bahu yang bentuknya semacam simpul tali/ belt/strap yang membuat? dua bahu terbawa ke belakang, dada lebih membusung. Di sini orang yang sering membungkuk akan dipaksa melemaskan otot-otot bagian depan tubuhnya supaya dada (pectoral), punggung atas, belikat dan lainnya lebih terbuka. Gerakan ini perlu dilakukan sebelum melakukan pose lainnya yang bersifat backbending (seperti kayang) dan baru pemanjangan tulang belakang bisa dilakukan.

Marjaryasana (Cat Pose), gerakan yang dimulai dari posisi seperti meja, bertumpu pada lutut dan telapak tangan. Siku dan bahu sejajar ke lantai, sementara posisi kepala berada di tengah dan mata melihat ke arah lantai. Perlahan tarik punggung ke atas sambil tetap bernafas teratur, lutut dan bahu jangan sampai berubah posisi. Biarkan kepala rileks ke lantai, tapi jangan paksa untuk menempelkan dagu ke dada.

Dolphin Pose, posisi ini menirukan segitiga sama sisi dengan bertumpu pada ujung kaki dan siku. Ujung jari kaki agak sedikit jinjit untuk menjaga keseimbangan, sementara tumpuan depan ada pada siku namun ujung jari tangan keduanya sejajar ke depan. Tahan kepala untuk sejajar dengan posisi siku dengan tetap mengatur nafas selama satu sampai tiga menit.

Semua gerakan tersebut dilakukan setelah melakukan peregangan otot terlebih dahulu. Karena bagi sebagian orang yang jarang berolah raga dan melakukan peregangan, akan sangat sulit dilakukan. Oh, iya. Di akhir latihan, lengkapi dengan Air Alkali yang baik manfaatnya untuk tubuh, ya.

X